Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Ketika berbicara mengenai rambut, banyak orang menginginkan rambut mereka bersinar dan sehat, namun ternyata terdapat masalah rambut yang membuat orang tidak nyaman dan membuat orang berpenampilan tidak sempurna, mulai dari ketombe, rambut rontok, dan bercabang.

Rambut Berminyak

Selain itu permasalahan rambut yang sering dirisaukan orang adalah rambut berminyak. Apa itu rambut berminyak? Apa saja penyebabnya? Dan bagaimana perawatannya? Berikut ulasannya :

Ciri-ciri rambut berminyak

Rambut berminyak sangan berbeda dengan rambut kering atau normal. Rambut berminyak umumnya terlihat berkilau, hanya saja kilauannya terlihat lebih kusam, selalu menyatu dan lengket walau setelah keramas.

Penyebab rambut berminyak

Penyebab rambut seseorang dapat berminyak karena adanya aktivitas kelenjar sebaceous pada kulit kepala. Hal ini terjadi karena ada kemungkinan dari kecenderungan genetika. Selain karena kecenderungan genetika, aktivitas kelenjar sebaceous ini juga dapat dipengaruhi dari asupan makanan yang di konsumsi, seperti lemak san karbohidrat.

Hormon endrogen yang dimiliki pria saan menggunakan kontrasepsi dalam berhubungan seks dengan wanita, dapat mengaktifkan kelenjar sebaceous. Sedangkan jika dilihat dari struktur rambut, rambut tipis dapat lebih cepat menyerap minyak dari pada rambut tebal.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut berminyak. Untuk perawatan secara umum tidaklah jauh berbeda dengan rambut normal, hanya saja ada perlakuan khusus yang harus dioerhatikan orang denngan rambut berminyak.

Mencuci rambut berminyak

Sangat tidak disarankan untuk mencuci rambut menggunakan air dengan suhu yang tinggi. Suhu air yang terbaik bagi rambut berminyak adalah 40 hingga 45 derajat Celcius. Untuk sampo, pilihlah sampo herbal dan sebaiknya digunakan sebanyak 2x dalam 3-5 menit. Orang dengan rambut berminyak juga disarankan menggunakan kondisioner.

Mengeringkan rambut

Orang dengan rambut berminyak tidak disarankan untuk mengeringka rambutnya dengan hair dryer. Apabila terpaksa harus menggunakannya, atur hair dryer pada suhu yang hangat bukan panas.

Untuk rambut berminyak, gaya keriting akan lebih bagus dibandingkan dengan gaya lurus, karena gaya keriting akan membuat rambut lebih mengembang sehingga tidak terlihat lepek. 

Cara Mengatasi Rambut Berminyak